GAMBARAN UMUM PERUSAHAAN
2.1 Sejarah Singkat
Siapa yang tidak kenal dan
tidak tahu dengan McDonald’s. Ini adalah perusahaan raksasa yang bergerak di
bidang pelayanan yaitu menjual makanan siap saji Burger dan lain-lain yang
menguasai pasaran senilai 200 miliar dolar. McDonald’s memiliki banyak cabang di seluruh dunia, salah
satunya di Indonesia. McDonald’s Indonesia berdiri sekitar tahun 1991 dan merupakan
negara ke – 70 dari McDonald’s seluruh dunia. McDonald’s Pasirkaliki murupakan salah satu cabang dari
McDpnald’s Indonesia.
McDonald’s Pasirkaliki dibuka
pada tahun 2000 tepatnya pada tanggal 28 Desember yang terletak di jalan
Pasirkaliki No. 121-123 Bandung. McDonald’s Pasirkaliki ini merupakan
McDonald’s ke – 6 yang berada di Bandung dari 10 McDonald’s di Bandung.
Sejak jaman dahulu, McDonald’s
memiliki komitmen yang hingga saat ini terus dilakukan. Komitmen pertama adalah
selalu memperhatikan kualitas, McDonald’s selalu konsisten memproduksi dengan
bahan yang terpilih dan sistem produksi dengan teknologi tepat guna agar
menjadi yang terbaik di industri makanan dan minuman. Kedua, McDonald’s selalu
menempatkan kepuasan pelanggan sebagai prioritas utama, karena McDonald’s
menyadari bahwa para pelanggan merupakan aset paling berharga. Dan komitmen
yang ketiga adalah selalu berusaha melayani dengan cepat dan tepat. Akan tetapi
komitmen tersebut tidaklah cukup karena perusahaan-perusahaan lain selalu
membuat terobosan-terobosan baru yang membuat persaingan menjadi semakin ketat.
Berbagai usaha dan cara
dilakukan perusahaan dalam menarik calon konsumen serta menjadikan pelanggan
yang setia. Dengan semakin tingginya tingkat pendidikan bangsa Indonesia dan
dengan terjadinya globalisasi informasi membuat masyarakat semakin pintar dalam
memilih sesuatu hal.
Promosi adalah suatu kegiatan
memperkenalkan suatu produk atau jasa yang ditawarkan oleh suatu perusahaan
kepada masyarakat. Promosi bertujuan untuk menumbuhkan rasa minat dan rasa
ingin tahu masyarakat mengenai produk atau jasa yang ditawarkan.
Dalam pelaksanaan kegiatan
promosi, media yang digunakan sebagai sarana promosi dan isi pesan yang
disampaikan berpengaruh terhadap suatu kegiatan promosi, karena melalui isi
pesan yang disampaikan dapat menarik minat masyarakat.
Berdasarkan latar belakang
mesalah tersebut, penulis merasa tertarik untuk melakukan praktek kerja dan
melaporkan hasil praktek kerja di McDonald’s cabang Pasirkaliki dengan memilih
judul “Kegiatan Promosi McDonald’s Pasirkaliki”.
2.2 Visi dan Misi Perusahaan
a. Visi
McDonald's adalah perusahaan
pertama dan terbesar yang berdedikasi
pada kepuasan total pelanggan (Total Customer Satisfaction). 100% Total Customer "'Itisfaction artinya
memuaskan dengan customer 100%,
termasuk customer yang meninggalkan restoran
dengan perasaan yang puas. Apabila customer yang tidak puas menghubungi McDonald's dengan complaint mengenai pengalaman yang tidak
nyaman, sebenarnya mereka memberikan kesempatan kepada kita untuk mempertahankan
bisnis mereka dengan kita. Di McDonald's "Customer Recovery" adalah
proses mencari tahu dan mendengar dari customer yang tidak puas, empati dan meminta
maaf, memperbaiki masalah, memberi tahu customer kalau masalah itu telah diperbaiki
dan merupakan undangan bagi mereka untuk mendatangi restoran dikesempatan lain.
Penelitian menunjukan
bahwa kecepatan respon adalah faktor yang paling penting di dalam mengembalikan ketidak puasan customer. Jika
McDonald's memberikan respon yang cepat
saat customer complaint, hal ini bukan hanya merupakan kesempatan yang baik untuk membuat mereka kembali, tetapi bahkan dapat
membuat mereka lebih setia dari pada sebelumnya.
Setiap orang yang bekerja di McDonald's entah itu di store atau di kantor pusat atau kantor daerah, harus tahu bahwa apapun yang
mereka kerjakan harus terfokouskan pada sasaran
perusahaan. McDonald's telah menciptakan Customer Satisfaction Standard untuk kepuasan pelanggan sewaktu mereka datang ke McDonald's:
- Memberi Hot dan Fresh Product
- Akurasi Get It Right First Time
- Menghadapi Complaint dengan cepat dan efektif
- Pendekatan pribadi, menganggap pelanggan sebagai teman atau tamu penting
- Memberi pelayanan cepat
- Memberi pelayanan yang berkesan
Akar
dari kesuksesan McDonald's adalah pada filosofi yang dijalankan secara terus-menerus dalm sistem
operasionalnya. McDonald's selalu berpegang teguh pada filosofi:
1. Komitmen yang penuh dari pengelola
tiap negara, yaitu mengelola bisnisnya secara penuh.
2. QSC dan V yaitu Quality yang berarti kualitas, Service / pelayanan
kepada pelanggan, Cleanliness yang
berarti kebersihan dan Value yang berarti nilai lebih yang diberikan
kepada setiap pelanggan:
·
Quality, Kami menggunakan produk yang terbaik dan secara hati-hati kami mengembangkannya.
Salah satu untuk mendapatkan mutu yang baik
adalah menangani makanan dengan hati-hati. Prinsip ini dikenal Tender Loving Care (TLC=peganglah
dengan hati-hati). Jangan atau menangani makanan dengan kasar atau menjatuhkannya. Peganglah
semua makanan dengan hatihati.
·
Service, pelayanan yang cepat dan
ramah di McDonald's bertujuan untuk memberikan kepuasan kepada pelanggan atau
tamu atau dikenal dengan istilah 100% total customer satisfaction.
·
Cleanliness, kebersihan itu separti magnet yang selalu menarik para pelanggan untuk datang ke McDonald's. Tempat kerja kita harus
senantiasa bersih baik dari luar maupun di dalam. Hanya dengan usaha kita yang terbaik
maka kebersihan dapat tercipta.
·
Value, kami memberikan tempat yang bersih
dan suasana yang menyenangkan dengan mutu
makanan yang tinggi dengan harga yang
cukup terjangkau oleh setiap orang dan keluarga.
b. Misi
Selama
karir di McDonald's adalah yang disebut The McDonald's
Way. The McDonald's Way adalah serangkaian perilaku yang mencerminkan bagaimana kita harus bertindak kepada satu sama lain, apabila kita ingin berhasil di masa mendatang. The McDonald's Way yang tertera dibawah
ini, menekankan kerjasama, perbedaan dan komunikasi satu dengan yang lainnya.
The McDonald's Way.
1.
Fokuskan pada apa
yang terbaik untuk sistem
2.
Bekerjasama
seperti pemain yang saling tergantung
3.
Mengenali sumbang saran kepada tim, juga keberhasilan
individu
4.
Carilah perbedaan dan argumentasi untuk kepentingan sistem
dan pelanggan
5.
Cari dan selesaikan masalah kemudian debatkan melalui
kepercayaan bersama dan komunikasi yang terbuka
6.
Dengarkan satu sama lain secara efektif, bicaralah satu sama lain
dan lakukan apa yang kita katakan
7. Dukunglah 100% keputusan
yang telah dibuat
Hal
lain selama karir di McDonald's terdapat "McDonald's Quality Management" atau MQM. Terdahulu Total Quality Management adalah
falsafah bisnis manajemen yang digunakan
oleh banyak perusahaan yang berhasil
selama bertahun-tahun. Walaupun McDonald's sudah berhasil dimasa lalu, adalah
sangat penting untuk dimasa depan meneruskan posisi teratas dengan senantiasa
memperbaiki cara kita menjalankan bisnis.
2.3 Struktur Organisasi
Perusahaan
Struktur organisasi
merupakan gambaran skematis tentang hubungan kerjasama yang ada
dalam perusahaan untuk mencapai sasaran. Struktur organisasi ini menggambarkan pembagian kerja, garis-garis wewenang,
pembatasan tugas, dan tanggung jawab dari
unit-unit organisasi yang ada dalam suatu
perusahaan.
Struktur organisasi adalah keseluruhan yang menunjukkan
antara fungsi-fungsi dan otoritas relatif dan tanggung jawab individu yang
memimpin atau bertanggung jawab atas
masing-masing fungsi respektif.
Bentuk struktur
organisasi McDonald's Pasirkaliki Bandung adalah organisasi lini atau garis
yaitu bentuk organisasi dimana kekuasaan dan tanggung jawab mengalir dalam suatu garis dari bagian puncak ke
bagian terbawah dari perusahaan.
Untuk lebih jelasnya, penulis
menggambarkan struktur organisasi McDonald’s Pasirkaliki Bandung seperti di
bawah ini.
|
Berikut ini adalah penjelasan mengenai tugas dan tanggung jawab serta
wewenang pada masing-masing bagian :
1. Store Manager
a.
Memastikan tingkat
kepuasan menyeluruh dari Customer
Satisfaction.
b.
Mengoptimalkan QSC, Sales dan
Profit dari restoran.
c. Menjaga controllable
P & L items pada
budgetnya dan mengumpulkan P & L
bulanan.
d.
Mengikuti semua hukum perburuhan yang berlaku, EEO,
pelecehan seksual, kebijakan personalia McDonald's, prosedur Security dan
Safety dari semua karyawan.
e.
Mengawasi training, performance appraisals, wage
review dan motivasi dari semua karyawan
restoran.
f.
Mengawasi rekruitment dan retention dari jumlah crew yang tepat (seperti ditentukan oleh restoran manager dan
Operation Consultant), maintenance
dan manager swing yang antusias dan
berdedikasi terhadap kepuasan pelanggan.
g.
Supervisi pelaksanaan di restoran untuk prosedur dan produk
baru.
h.
Mengelola fixed assets.
i.
Melaksanakan
prosedur payroll dan tunjangan karyawan, termasuk melaporkan ke kantor
pusat.
j.
Mensupervisi local
marketing dan in restaurant extensions of co -op
dan promosi nasional.
k.
Memastikan keakuratan dari laporan bulanan.
l.
Mendefinisikan trading area restoran,
kompetitor utama dan traffic
generator dan menggunakan informasi tersebut
untuk meningkatkan sales.
m.
Memastikan semua claim asuransi di proses secara
menyeluruh dan tepat waktu.
n.
Menciptakan objectives jangka panjang restoran dan action
plan untuk QSC, Sales, Projit dan
pengembangan People.
2. First
Assistant Manager
a.
Mengumpulkan feedback dari
pelanggan dan menganalisa pola, kecenderungan melalui action spesifik
untuk meningkatkan Total Customer
Satisfaction secara terus menerus.
b.
Mengevaluasi
hasil dari objective jangka pendek dan menengah di restoran.
c.
Memastikan
tingkat QSC di restoran sepanjang
waktu.
d.
Menyelesaikan dan
memasang crew Schedule mingguan.
e.
Mengelola crew training.
f.
Berpartisipasi
pada Program Sumber Daya Manusia di
restoran.
g.
Menjaga file personalia.
h.
Melaksanakan rencana Retention restoran (contoh Kalender
Antusias, rap session, dll).
i.
Melakukan crew meeting.
j.
Melakukan porsi di
restoran dari rencana Recruitment
crew.
k.
Membantu
melakukan Performance Review crew satu persatu.
l.
Menciptakan dan
melaksanakan extension restaurant
of co-op dan promosi nasional.
m.
Menyelesaikan dan menganalisa laporan restoran dan
memformulasikan action plan perbaikan.
n.
Mengelola konservasi energi dan sumber daya.
o.
Mengelola semua
peralatan restoran dan Planned
Maintenance Program.
p.
Melakukan tim Management meeting pada saat Store
Manager absen.
q.
Mengorganisasikan kegiatan kalender restoran bulanan untuk
mencapai objective restoran.
r.
Membantu Store Manager dengan managemen schedule.
s.
Training
Manager Swing.
t.
Menyiapkan dan
melakukan Performance Review
Manager Swing.
u.
Membantu training dari
training Manager dan Secound
Assistant.
v.
Membantu Performance Review dari Trainee
Manager.
w.
Memberikan input
untuk Performance
Review Second Assistant.
x.
Melakukan kegiatan yang
telah diberikan untuk meningkatkan sales.
y.
Proyeksi P & L bulanan
ninitial, membantu dalam kontrol semua bagian P&L, bertanggung jawab untuk
bagian tertentu dari P&L.
z. Mengumpilkan P&L
bulanan dan memutuskan peluan profit restoran dengan bantuan dari Store Manager.
3. Second Assistant Manager
a.
Mencapai standar
QSC di semua shift tanpa supervisi.
b.
Wawancara dan memilih crew dan melakukan orientasi.
c.
Training
Crew Trainer dan membantu melatih Trainee Manager dan Swing Manager.
d.
Mendokumentasikan
pada file personalia.
e.
Memberi input
pada penilaian prestasi kerja crew.
f.
Menyelesaikan inventori mingguan dan laporan variance
/ statistik.
g.
Mencatat dan
menyiapkan invoices untuk pembayaran.
h.
Menjaga kawasan
akan maslah safety di restoran dan catatan-catatan safety.
i.
Menggunakan
prosedur security yang tepat dan prosedur
verifikasi ketika menangani deposit dan
isi lemari besi.
j.
Melaksanakan
insentif crew dan kegiatan kalender antusias.
k. Memperbaiki Bin
Level Chart.
l.
Mengumpulkan informasi
dan melaksanakan claim asuransi bila terjadi kecelakaan di shift.
m. Menghitung Build
To restoran, dan memesan food, paper dan ops, supply.
n. Membantu budget
dan
kontrol beberapa item P&L
o.
Menyelesaikan tugas
kalibrasi peralatan harian, mingguan, bulanan yang ditetapkan.
4. Junior Manager
a.
Berbicara dengan
pelanggan sesering mungkin untuk mengukur dan meningkatkan kepuasan merekan
terhadap pengalamannya di McDonald's.
b. Menggunakan Human
Relation dasar, komunikasi, dan kecakapan Follow Up dan memperlakukan crew sebagai customer.
c. Mengelola shift
opening dan closing dengan pengawasan dari Secound Assistant Manager
d. Menjaga standar kritikal untuk holding times, kecepatan, kualitas pelayanan, kualitas produk mentah dan jadi, kebersihan
dan sanitasi.
e. Mengontrol labor,
waste, cash dan yield selama mengelola shift.
f. Memahami dan melaksanakan secara tepat semua kebijakan
personalia, hukum-hukum perburuhan, prosedur-prosedur security dan
safety.
g. Follow Up prosedur yang akan mendukung Sales Building selama shift.
h.
Mengelola keluhan pelanggan.Supervisi pengiriman produk
mentah.
i.
Menyiapkan People -
Equipment - Produk untuk shift.
j.
Training crew di station-station.
k. Menggunakan SOC untuk memverifikasi prestasi kerja crew dan
memberikan feedback ke crew tersebut dan tim manajemen.
l.
Menyelesaikan tugas
administrasi harian yang diberikan
termasuk inventori, cash sheet, menghitung drawer
dan deposit uang.
m. Mampu untuk melaksanakan semua station crew termasuk maintenance.
n. Follow Up tugas crew maintenance
equipment yang sederhana dan membuat
perubahan kecil pada suhu / waktu.
5. Trainee
Manager
a. Berbicara
dengan pelanggan sesering mungkin untuk mengukur dan meningkatkan kepuasan
mereka terhadap pengalaman di McDonald’s
b. Menggunakan
Human Relation dasar, komunikasi dan
kecakapan Follow Up dan memperlakukan
crew sebagai customer.
c. Mengelola shift
opening dan closing dengan pengawasan dari Secound Assistant Manager.
d. Menjaga standar kritikal untuk holding times, kecepatan, kualitas pelayanan, kualitas produk mentah dan jadi, kebersihan dan sanitasi.
e. Mengontrol labor,
waste, cash dan yield selama mengelola shift.
f. Memahami dan melaksanakan secara tepat semua kebijakan
personalia, hukum-hukum perburuhan, prosedur-prosedur security dan
safety.
g. Follow Up prosedur yang akan mendukung Sales Building selama shift.
h. Mengelola keluhan pelanggan.
i.
Supervisi pengiriman
produk mentah.
j.
Menyiapkan People -
Equipment - Produk untuk shift.
k. Training crew di station-station.
l.
Menggunakan SOC untuk
memverifikasi prestasi kerja crew memberikan feedback
ke crew tersebut dan tim manajemen.
m. Menyelesaikan tugas administrasi harian yang diberikan termasuk inventori,
cash sheet, menghitung drawer
dan deposit uang.
n. Mampu untuk melaksanakan semua station crew termasuk maintenance.
o. Follow Up tugas crew maintenance
equipment yang sederhana dan membuat
perubahan kecil pada suhu / waktu.
6. Crew
Leader
- Memperagakan secara konsisten keahlian melakukan pekerjaan stasion-stasion yang dijadwalkan selama shift
- Menunjukan keahlian melatih crew.
- Menyelesaikan training untuk tiap-tiap crew yang ditugaskan dengan mengikuti tiap-tiap langkah sistem training crew dengan pendekatan secara bahu membahu.
- Menentukan apakah petugas crew telah menyelesaikan training dan siap untuk diuji atau bila diperlukan lebih banyak waktu untuk praktek.
7. crew
trainer
- Membantu Crew Leader memperagakan secara konsisten keahlian melakukan pekerjaan station-station yang dijadwalkan selama shift.
- Menunjukan keahlian melatih crew. Menyelesaikan training untuk tiap-tiap crew yang ditugaskan dengan mengikuti tiap-tiap langkah sistem training crew dengan pendekatan secara bahu membahu.
- Menentukan apakah petugas crew telah menyelesaikan training dan siap untuk diuji atau bila diperlukan lebih banyak waktu untuk praktek.
8. Crew
Tugas
dari crew yaitu mempersiapkan, menyajikan kepada tamu atau
pelanggan dan melaksanakan tugas-tugas lain untuk kelancaran operasional restoran. Contohnya: menjaga kebersihan
restoran, menjaga kualitas bahan mentah
dan makanan yang akan disajikan, menjaga
keramahan dan kecepatan pelayanan.
9. Star
Star atau disebut juga LSM (Local Store Marketing). Fungsi dari Star
bertanggung jawab dalam mengatur pelaksanaan
pemasaran, Star yang melaksanakan langsung dari Store Manager, bertanggung jawab
atas keberhasilan restoran, dalam tugasnya Star dibantu oleh Top Cat. Adapun
tugas yang dilakukan adalah sebagai
berikut:
- Membuat rencana pemasaran dan penjualan.
- Mengkoordinasi team marketing dan team lain yang berkaitan dalam mencapai sasaran marketing.
- Mendukung program-program promosi ke dan dari manajer.
- Mencari masukan-masukan dari masyarakat yang berhubungan dengan produk atau jasa yang dijual baik itu bersifat positif atau negatif demikian juga informasi untuk produk atau jasa dari kompetitor.
- Memberikan pengarahan dan informasi kepada bawahan tentang situasi pasar, produk baru dan harga baru.
10. Topcat
Fungsi
dari Topcat bertanggung jawab dalam mengatur pelaksanaan
pemasaran, Topcat bertanggung jawab atas keberhasilan. Adapun tugas yang
dilakukan adalah sebagai berikut:
- Mendukung program-program promosi ke dan dari manajer.
- Mencari masukan-masukan dari masyarakat yang berhubungan dengan produk atau jasa yang dijual baik itu bersifat positif atau negatif demikian juga informasi untuk produk atau jasa dari kompetitor.
- Memberikan pengarahan dan informasi kepada crew tentang situasi pasar, produk baru dan harga baru.
2.4 Keadaan dan jumlah Pegawai pada McDonald’s Pasirkaliki
McDonald’s selalu memandang
karyawan sebagai mitra kerja yang saling membutuhkan, disamping itu juga
menempatkan karyawan sebagai manusia makhluk ciptaan Allah SWT dengan segala
kelebihan dan kekurangannya. Perlakuan yang diterapkan pada karyawan adalah
yang berdasarkan nilai-nilai kemanusiaan. Jika terdapat perbedaan tugas, fungsi
dan tanggung jawab serta wewenang yang dilimpahkan pada masing-masing karyawan.
Setiap karyawan melaksanakan tugasnya sesuai dengan prosedur yang ada dan
selalu melakukan komunikasi yang baik antar sesama karyawan juga menciptakan
suasana kerja yang nyaman, bersahabat dan terarah.
McDonald’s memberikan
kesejahteraan kepada karyawan guna menunjang kualitas kerja mereka dan
meningkatkan sumber daya manusia yang baik untuk kelancaran dan perbaikan mutu
yang telah berkualitas.
Jumlah tenaga kerja Di
McDonald’s Pasirkaliki sampai periode 15 Agustus 2006 berjumlah 55 orang
karyawan yang terdiri dari:
1. Crew Leader berjumlah 4 orang
2. Crew Trainer berjumlah 1 orang
3. Crew Fulltime berjumlah 21 orang
4. Crew Magang berjumlah 29 orang
Tidak ada komentar:
Posting Komentar